December 19, 2016

5 Musik Klasik Yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Fungsi Otak

Bekal Kami - Kali ini saya mau memposting tentang hal yang berkaitan tentang konsentrasi dalam belajar dan cara kerja otak yaitu 5 Musik Klasik Yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Fungsi Otak, mungkin setiap orang berbeda beda dalam hal belajar. Salah satu nya ada yang suka mendengarkan musik ada juga yang harus dalam suasana tenang penuh. Tapi mau bagaimanapun mendengarkan musik penting loh! kenapa? karena musik dapat membantu kita dalam belajar. Enggak cuma meningkatkan suasana hati, musik juga bisa menenangkan pikiran kita sehingga enggak terlalu gugup menghadapi ujian. Suasana hati yang bagus ini akan berdampak positif juga buat otak kita.

Baca Juga 5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Menjadi Agen Intelijen

Tapi, enggak semua lagu cocok untuk menemani kita belajar. Kita harus bisa memilih musik yang tepat yang sesuai dengan materi pelajaran yang sedang kita pelajari. Ada beberapa genre tertentu yang ternyata bisa bikin kita lebih semangat mencerna pelajaran sesuai bidang studinya.

Hal ini didukung oleh sebuah studi psikologi di Inggris oleh Dr. Emma Gray. Penelitian itu bilang kalau kita mendengarkan genre musik yang tepat, musik akan benar-benar bisa meningkatkan kemampuan otak dalam belajar. "Untuk mata pelajaran logika, seperti matematika, musik harus bisa menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Sementara untuk mata pelajaran kreatif, musik harus bisa merefleksikan emosi," papar Dr. Emma Gray.

Cara Yang Tepat Agar Efektif ?

Tipe 1 : Kalau kalian suka mendengarkan musik saat belajar, kalau begitu sambil belajar kalian gunakan headset dan dengarkan musik klasik tersebut dengan volume yang disesuaikan tidak kencang tidak juga terlalu pelan.

Tipe 2 : Kalau kalian suka belajar saat suasana tenang atau diam, maka kalian bisa mendengarkan musik tersebut 10-15 menit sebelum belajar. Hal ini berpengaruh untuk merubah mood dan pikiran kalian agar lebih positif dan lebih baik.

Tipe 3 : Hal ini bebas, bagi siapa saja. Sebelum kalian tidur coba dengarkan lagunya, lalu tutup mata kalian, rasakan dan bayangkan diri kalian menyatu dengan musiknya. CMIIW ;)

Berikut Ini Daftar 5 Musik Klasik 

1. Beethoven - Für Elise
Hayo ngaku siapa yang gak kenal lagu ini? lagu ini sangat populer loh. Namun kebanyakan orang tidak tahu judul nya apa. Tapi menurut saya kalian pasti tahu dan pernah denger kok. Kalo saya pertama kali saya dengar itu waktu lagi TK tahun 2004, saat itu saya lagi beli burger yang suka keliling nah lagu yang digunakan nya itu cukup unik dan menarik. Ternyata saat saya teliti lebih lanjut merupakan lagu dari Beethoven yang terkenal ini. For Your Information, Nama Für Elise (dari bahasa Jerman: "Kepada Elise") adalah nama populer bagi Bagatelle in A minor, WoO 59, sebuah musik piano solo karya Ludwig van Beethoven, ditulis sekitar tahun 1810.

2. Pachelbel - Canon
Ini salah lagu favorit saya gan karena selalu jadi moodbooster dalam melakukan aktivitas sehari hari, tapi yang paling saya suka juga versi Canon Rock yang dimainkan oleh Sunga Jung. For Your Information, Canon Pachelbel, disebut juga Canon di D mayor atau Canon dan Gigue dengan tiga biola dan basso continuo (Kanon und Gigue für 3 Violinen mit Generalbaß, Canon per 3 Violini e basso di Italia, Canon i Giga en Re Major per a tres violins i baix continu di Katalan, Canon īhuān tematumalli nāuhmetica di Nahuatl, Kanon i Gigue na troje skryzpiec i basso continuo di Polandia) (PWC 37, T. 337, PC 338), adalah karya yang terkenal dari Johann Pachelbel. Awalnya dimainkan dengan tiga biola dan basso continuo dan digabungkan dengan Gigue dengan nada yang sama. Seperti karya-karya lain buatan Johann Pachelbel dan komponis sebelum tahun 1700, Canon terlupakan berabad-abad sampai ditemukan pada abad ke-20. Beberapa dekade setelah dipublikasikan pada tahun 1919, lagu ini menjadi sangat terkenal, dan sekarang sering dimainkan pada acara pernikahan dan disertakan pada kompilasi musik klasik, karya terkenal lainnya adalah Udara dalam senar G Mayor oleh Johann Sebastian Bach.

3. Mozart - Eine kleine Nachtmusik
Wah kalo lagu ini sih saya no comment yah, soalnya lagu ini punya sensasi tersendiri! Gak percaya? dengerin ajah. Kalau kalian cermati lagu ini, nada nada dan partitur yang dimainkan seperti merasuki siapapun pendengarnya dan memberikan kesan seperti kembali ke zaman negara - negara eropa yang bergaya klasik. For Your Information, Eine kleine Nachtmusik (SimfoniNo. 13 untuk dawai in G major), K. 525, adalah komposisi harmoni orkestra pada tahun 1787 dengan Musik Kamar oleh Wolfgang Amadeus Mozart. Dalama jerman berarti "sebuah simfoni kecil,"yang berarti mengacu pada artian kalimat "sebuah musik kecil pada malam hari."[1] Komposisinya dibuat untuk musik ansambel dua buah  violin, viola, and cello dan kadang memakai double bass, dan biasanya dengan alat musik dawai lainnya.

4. Bach - Air on G String
Yang satu ini saya yakin kalian padaa gak tahu, tapi komposer lagu ini yaitu Bach salah satu dari komposer terbaik dunia lho. Musik yang ia cipatkan sudah sangat banyak dan berkelas, Lagu ini saya masukan karena banyak juga orang - orang yang meriview lagu nya.

5. Chopin - Nocturne op.9 No.2
Kalau yang satu ini mah saya tidak kasih tau, kalian udah pasti pada tahu dong lagunya! Kalau kalian main Piano Tiles enggak mungkin gak tahu lagu yang satu ini. Lagu ini sangat populer, banyak yang tidak tahu kalau lagu ini sebenarnya terdapat banyak versi nya jadi pastikan kalian harus jeli melihat judul nya, diantaranya Terdapat 21 Nocturne yang terdapat pada Op. 9, 15, 27, 32, 37, 48, 55, 62, 72 dan Op. Posthumous.

Kalau kalian ingin mengunduh lagunya tidak perlu repot - repot cari di google atau youtube, karena saya sudah menyediakan link download dari semua musik diatas.
Kalau begitu sekian yah untuk postingan kali ini, kalau kalian mau menambahkan musik klasik lain favorit kalian. Silahkan kalian tinggalkan judul musiknya di komentar. Selamat Mendengarkan :)

Terima Kasih Telah Membaca 5 Musik Klasik Yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Fungsi Otak

Jujur gua lebih suka menghargai proses nya dibanding hasil akhirnya. Tapi, satu hal yang pasti sebuah hasil gak akan pernah menghianati prosesnya :D

Berkomentarlah dengan Menggunakan Bahasa yang Relevan dan Sopan
EmoticonEmoticon